Sponsor

Powered By Blogger

Kamis, 20 September 2007

Ikrar Wongs Katrok

Aku tidak memilih jadi orang biasa,
Aku berhak berbeda dari orang lain…
Kalau ‘ku mampu

Peluanglah yang kucari… bukan rasa aman.
Aku tak mau jadi rakyat kebanyakan….
Yang terbelenggu, rendah diri dan tumpul pikiran
Dengan membiarkan diriku dipelihara negara secara Cuma-Cuma

Aku ingin mengambil resiko yang terhitung
Untuk bercita-cita dan membangun
Untuk gagal dan berhasil

Aku menolak menukar rangsangan dengan sedekah
Karena aku lebih suka tantangan
Ketimbang hidup yang lebih terjamin
Gairah berprestasi daripada sekedar mimpi

Tak akan kutukar kebebasanku dengan keuntungan
Maupun harga diriku demi belas kasihan
Aku tak bakal merangkak didepan majikan manapun
Atau bertekuk lutut terhadap ancaman apapun

Sudah menjadi ikrar untuk berdiri tegak
Bangga dan tak gentar
Untuk berfikir dan berkarya
Sampai kumampu menikmati jerih payahku
Dan kemudian menatap dunia sambil berkata
Inilah berkat Anugrah Tuhan
Karya yang telah ku hasilkan

Semua ini adalah makna menjadi seorang wiraswasta

Thomas Paine , Common Sense 1776

Tidak ada komentar: