Sponsor

Powered By Blogger

Jumat, 28 September 2007

Arti Nama Orang Jawa

Dibalik nama-nama pria Jawa sesungguhnya ada harapan tertentu dari orangtuanya, agar anaknya kelak kalau besar bisa sesuai yang diharapkan. Contohnya :
- Pandai menanam bunga, diberi nama Rosman.
- Pandai membaiki mobil, diberi nama Karman.
- Pandai main golf, diberi nama Parman.
- Pandai dalam korespondensi, Suratman.
- Gagah perkasa, Suparman.
- Kuat dalam berjalan, Wakiman.
- Berani bertanya, Asman (askman).
- Ahli membuat kue, Paiman.
- Pandai berdagang, Saliman.
- Pandai melukis, Saniman.
- Agar jadi orang kaya, Sugiman.
- Agar besar nanti padai cari muka, Yasman
- Suka begituan, Pakman
- Suka makan toge goreng, Togiman
- Selalu ketagihan, Tuman
- Suka telanjang, Nudiman
- Selalu sibuk terus, Bisiman
- Biar pinter main game diberi nama Giman
- Biar bisa sering cuti diberi nama Sutiman
- Biar jadi juragan sate diberi nama Satiman
- Biar jadi juragan trasi diberi nama Tarsiman
- Biar pinter memecahkan problem diberi nama Sukarman
- Biar kalau ujian ndak usah mengulang diberi nama Herman
- Biar pinter bikin jus diberi nama Yusman
- Biar jadi orang yang berwibawa diberi nama Jaiman
- Biar jadi pemain Bass diberi nama Basman
- Biar jadi pemain Gitar diberi nama Gitarman
- Biar awet muda diberi nama Boiman
- Biar pinter berperang diberi nama Warman
- Biar jadi orang Bali diberi nama Nyoman
- Biar jadi orang Sunda diberi nama Maman
- Biar lincah seperti monyet diberi nama Hanoman
- Biar jadi orang Belanda diberi nama Kuman
- Biar tetep tinggal di Jogja diberi nama Sleman
- Biar jadi tukang sepatu handal diberi nama Soleman
- Biar tetep bisa jalan walau ndak pake mesin diberi nama Delman

Sumber : NYT (Newyogjokarto Times)

Memahami Istilah Dari Arti Katanya

PLAYBOY :
Play itu bermain, boy itu anak anak, artinya penjual mainan anak anak.

CATWALK :
Cat itu Kucing, Walk artinya jalan jadi artinya ya jalan kucing.

UNDERSTAND :
Under itu bawah Stand itu berdiri, jadi kalau yang bawah sudah berdiri itu harusnya mengerti.

LOVE IS BLIND:
Love itu cinta , Blind itu buta, artinya mencintai orang buta.

UNDERDOG :
Under dibawah Dog anjing , artinya berada di bawah anjing.. hiii gak kebayang gimana rasanya.

THE RIGHT MAN IN THE WRONG PLACE
artinya Orang disebelah kanan salah tempat, harusnya disebelah kiri.

Kamis, 27 September 2007

Melawan Diri Sendiri

Melawan diri sendiri atau bisa dibilang melawan hawa nafsu , hal ini oleh rosululloh dianggap peperangan paling besar emmmmm.... kenapa ya..?

Setiap Manusia pasti memiliki hati nurani, sebuah perasaan yang ada di lubuk hati paling dalam , hati nurani selalu akan membimbing manusia ke jalan yang benar , tetapi nafsu atau keinginan manusia belum tentu ke arah itu karena ada beberapa faktor baik interen maupun ekteren, terkadang ada keinginan untuk berbuat baik namun terkadang muncul juga keinginan untuk berbuat jahat, nah disinilah pentingnya manusia dapat memanage keinginannya, disinilah manusia perlu belajar apa yang menjadi rambu rambu hidupnya, tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

perjalanan hidup manusia memang tidak selamanya benar kita semua pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa , namun sadarkah kita bahwa setiap kali kita melakukan kesalahan atau dosa maka sesungguhnya hati nurani kita pasti mengatakan bahwa ini salah,
ketika seorang siswa sedang mencontek, ketika seorang sedang mencuri, atau ketika seorang itu akan melakukan korupsi akan melakukan penyuapan, pasti didalam hati nuraninya akan berontak bahwa ini salah, namun yang menjadi pertanyaan berapa sering kita mendengarkan kata hati atau nurani kita untuk tidak melakukan hal hal yang keliru .

Ini menunjukkan bahwa seberapa berat kita melawan diri kita sendiri, melawan hawa nafsu kita dari hal hal yang jelek atau dosa , buktinya saat ini berapa banyak orang yang tidak bisa menuruni hati nuraninya, sehingga terjadi kebobrokan disana sini angka kejahatan semakin hari tidak menunjukkan penurunan, orang rame rame korupsi suap dimana mana, sekalipun orang itu menjabat pada lembaga yang tugasnya memberantas korupsi / kejahatan namun bukan jaminan dia tidak akan melakukan korupsi / suap , kasus KY contohnya.

oleh karenanya pada bulan ramadhan ini kita di wajibkan belajar mengendalikan hawa nafsu kita lawan keinginan diri kita sendiri , kalau pada bulan bulan biasa setan dan jin bebas untuk menggoda kita , namun di bulan ramadhan mereka semua diikat dan dilarang untuk menggoda manusia, maka faktor ekternal penyebab manusia berbuat jahat sudah tidak ada sekarang tinggal ada diri kita sendiri mampu kah kita mengendalikan nafsu kita , apabila pada bulan ramadhan masih ada saja manusia yang berbuat jahat maka itu sesungguhnya murni dari nafsu manusia sendiri, jin dan setan tidak terlibat maka dia tidak boleh dipersalahkan.

Rabu, 26 September 2007

Sejarah Air Minum AQUA

Pada Tahun 70 an Saat orang bepergian menggunakan kereta api dari jakarta ke surabaya atau ke kota lainnya pasti sering merasakan haus yang luar biasa, dan pada kondisi seperti itu yang dituju tak lain hanyalah Restorka atau turun pada stasiun pemberhentian untuk membeli minuman , dan sudah tentu ditempat tempat seperti itu harga menjadi tak wajar, apalagi membeli di atas kereta api walaupun hanya segelas Air putih, karena yang di jual di restorka biasanya adalah kopi , susu , atau teh manis . dan orang mulai berfikir bagaimana membawa air putih saat bepergian, cara paling mudah adalah menyimpannya di dalam botol dibandingkan harus membawa termos air yang bakal repot membawanya , nah ide membawa air dalam botol inilah yang mendasari orang menjual air mineral dalam kemasan.

Aqua lahir atas ide almarhum Tirto Utomo (1930-1994). Beliau menggagas
lahirnya industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia melalui
PT Golden Mississippi pada tanggal 23 Pebruari 1973.

Kegiatan fisik perusahaan dimulai pada bulan Agustus 1973, ditandai dengan pembangunan
pabrik di kawasan Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Percobaan produksi
dilaksanakan pada bulan Agustus1974 dan produk komersil dimulai sejak
tanggal 1 Oktober 1974 dengan kapasitas produksi 6 juta liter setahun.
Produk pertamanya adalah AQUA botol kaca 950 ml yang kemudian disusul
dengan kemasan AQUA 5 galon, pada waktu itu juga masih terbuat dari
kaca.

Tahun 1974 hingga tahun 1978 merupakan masa-masa sulit karena masih rendahnya
tingkat permintaan masyarakat terhadap produk AQUA. Dengan berbagai
upaya dan kerja keras, AQUA mulai dikenal masyarakat, sehingga penjualan
dapat ditingkatkan dan akhirnya titik impas berhasil dicapai pada
tahun 1978.

Saat itu merupakan titik awal perkembangan pesat produk AQUA yang selanjutnya
terus berkembang hingga sekarang.

Semula produk AQUA ditujukan untuk masyarakat golongan menengah atas, baik
perkantoran maupun rumah tangga dan restoran. Namun, saat berbagai
jenis kemasan baru : 1500ml, 500ml, 220ml, dari kemasan plastik
mulai diproduksi sejak 1981, maka produk AQUA dapat terjangkau oleh
masyarakat luas, karena mudahnya transportasi dan harga terjangkau.

Mata Air Pegunungan yang mengalir sendiri

Pada tahun 1981, AQUA memutuskan untuk mengganti bahan baku yang semula dari
sumur bor ke mata iar pegunungan yang mengalir sendiri (self flowing
spring).


Perluasan Produksi

Diterimanya AQUA oleh masyarakat luas dan wilayah penjualan yang telah menjangkau
seluruh pelosok Indonesia, maka Aqua harus segera meningkatkan kapasitas
produksinya. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat itu,
lisensi untuk memproduksi AQUA diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul
di Pandaan, Jawa Timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di
Mambal, Bali pada tahun 1987. Hal yang sama juga diterapkan di berbagai
daerah di Indonesia. Pemberian lisensi ini disertai dengan kewajiban
penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima. Upaya
ekspor dirintis sejak medio 1987 dan terus berjalan baik hingga kini
mencakup Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah
dan Afrika. Total kapasitas produksi dar seluruh pabrik AQUA pada
saat ini adalah 1,665 milyar liter per tahun.

Pabrik di luar Negeri

Di luar negeri, tepatnya Filipina, dijalin pula kerja sama untuk memproduksi
AQUA, yang telah berproduksi sejak awal 1998. Sedangkan di Brunei
Darussalam, pada tahun 1991 dilakukan kerja sama dengan membentuk
IBIC Sdn. Bhd untuk memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan
merek SEHAT. Nama dipilih karena tidak adanya sumber mata air pegunungan
yang memenuhi standar produksi AQUA, sehingga bahan bakunya diambil
dari sumur bor. Karena itu nama AQUA tidak digunakan.

Jenis Kemasan

Saat ini produk AQUA terdiri dari beraneka kemasan dan ukuran, baik kemasan
sekali pakai (disposable) maupun kemasan ulang-alik (returnable).

• Kemasan sekali pakai terdiri atas:
- Botol PET (Poly Ethelene Terephthalate) : 1500 ml, 625 ml, 600 ml, 330 ml
- Gelas plastik PP (Poly Propelene) : 240 ml
• Kemasan sekali pakai terdiri atas:
- Botol Kaca: 375 ml
- Botol PC (Poly Carbonate): 5 Galon (19 lt)

Semula AQUA memproduksi botol-botol plastiknya memakai bahan PVC (Poly
Vinyl Chloride) yang kurang ramah lingkungan karena menimbulkan
hujan asam bilamana dibakar. Pada tahun 1988 AQUA mengganti mesin
produksi dan bahan bakunya dengan PET, sedangkan di Eropa pada saat
itu masih memakai PVC. AQUA lah yang pertama-tama merubah botol
bulat disain Eropa menjadi persegi dan bergaris agar mudah dipegang.
Botol PET ciptaan AQUA ini sekarang menjadi standar dunia. Demikian
pula dengan gelas plastik 240 ml yang semula berukuran 220 ml, diciptakan
oleh Research & Development AQUA dan sekarang menjadi teramat
popular di Indonesia.

Go Public

Pada saat perusahaan go-public pada tanggal 1 Maret 1990 makan nama P.T.
Golden Mississippi dirubah menjadi P.T. Aqua Golden Mississippi.

Sertifikasi dan Penghargaan

Pada tahun 1994 dan 1995, AQUA adalah AMDK pertama yang berhasil memperoleh
Sertifikat ISO 9002 untuk pabrik Bekasi, Citeureup dan Mekarsari.
Menyusul kemudian pabrik Pandaan, pabrik Mambal, pabrik Subang,
dan pabrik Berastagi. Semua pabrik AQUA sedang di proses untuk mendapatkan
sertifikasiISO 9002. Sertifikasi lain ayng telah diperoleh yaitu
untuk Good Manufacturing Pratices atau Cara Produksi yang
baik dari NSF (National Sanitation Foundation). Pabrik yang telah
memperoleh sertifikasi ini adalah pabrik Bekasi, Citeureup, Mekarsari
dan Pandaan. Kedua setifikasi ini diberikan kepada perusahaan AMDK
di Indonesia. Pada awal 1999, AQUA berhasil memperoleh sertifikat
SMK3 (Sertifikat Mutu Kesehatan dan keselamatan kerja) dan pada
bulan Oktober 19999, 5 pabrik AQUA di Bekasi, Bogor, Sukabumi, Pandaan
dan Bali memperoleh sertifikat HACPP (Hazard Abalysis Critical Control
Point) dari SGS, Holland. HACCP adalah suatu metoda untuk mengontrol
proses produksi yang bisa mengakibatkan menurunnya kualitas produksi.

Pada tahun 1986, AQUA meraih “Asia Star Award” dari Tokyo, jepang. Dan
pada thaun 1991 berhasil meraih “Management Award 1991” kategori
manajemen umum dalam program yang diselenggarakan oleh World Executive’s
Digest bersama Asian Institute of Management dan Japan Airlines.

Penghargaan lain yang diterima berupa “Piala Nusa Adi Kualita” untuk kualitas
manajemen perusahaan terbaik dari Kadin Jaya, dan penghargaan sebagai
Peserta Terbaik pada Penilaian Penerapan Cara Produksi yang Baik,
untuk kelompok industri air minum dalam kemasan, dalam rangka peringatan
Hari Pangan Sedunia pada tahun 1997. Pada kwartal akhir tahun 1999,
hasil survey independen dari majalah Readers Digest di Singapura
menempatkan produk AQUA sebagai “Superbrand 1999” yang paling dikenal
dan dipercaya mutunya.

AQUA dan Olahraga

Nyaris tiada kegiatan olahraga penting yang tidak dihadiri oleh AQUA. Merek AQUA
amat dikenal di Indonesia, ASEAN bahkan Eropa melalui PON, Pesta Sukan,
Pencak Silat, Sea Games, Thomas Uber Cup, World Cup, Sudirman Cup,
World Golf Competition dan sebagainya. AQUA mendirikan beberapa diklat
bulutangkis “AQUA PUSPITA” dikota-kota Jakarta, Surabaya, Denpasar
untuk membina bibit-bibit muda diperbulutangkisan. Keterlibatan AQUA
didunia olahraga telah beberapa kali menghasilkan penghargaan bagi
Perusahaan.

AQUA dan Peristiwa Nasional Kenegaraan

Adalah merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi AQUA dapat menemani setiap
peristiwa bersejarah di Indonesia seperti pertemuan Presiden Amerika
Ronald Reagen di Bali, APEC(Asia Pacific Economic Conference) dan
KTT (Konference Tingkat Tinggi Dunia) di Jakarta, Peringatan Hari
Kemerdekaan setiap tahun di Istana Negara dan berbagai peristiwa
bersejarah lainnya.

VIT (PT. Varia Industri Tirta)

Pada tanggal 17 Juli 1987, Tirto Utomo mengakuisisi PT. Varia Industri
Trita yang memproduksi AMDK merek VIT dan merupakan merek kedua
dari grup AQUA. Saat ini total kapasitas produksi VIT 287 juta liter
setahun,

IBWA (International Bottled Water Association)

Di Amerika AQUA mendapatkan “AQUA Awards” tahun 1985 – 1989 secara
berturut-turut untuk bidang periklanan, promosi dan Public Relations.
PT. Aqua Golden Mississippi juga merupaka kantor secretariat Association
(IBWA), untuk kawasan Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara semenjak
bulan September 1992, di samping menjadi anggota Direksi dan Council
di Amerika Serikat dan di Eropa.

Hall of Fame

Komitmen dan keterlibatan almarhum Tirto Utomo dalam industri AMDK yang dirintisnya
menjadi sorotan dunia dan pada bulan Oktober 1992, di Cincinnati,
USA, almarhum Tirto Utomo dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak
industri AMDK dikawasan Asia dan Timur Tengah dan masuk dalam “Hall
of Fame” industri bottled Water. Beliau adalah orang Asia pertama
yang memperoleh penghargaan tersebut, dan dipilih dari nominasi yang
berasal dari Asia, Amerika, Australia, Canada, Eropa, Amerika Serikat
dan Latin Amerika.

PT. Tirta Investama (AQUA Group)

Pada tanggal 16 Juni 1994, dibentuk P.T. TIRTA INVESTAMA sebagai induk
yang mengayomi unit-unit produksi AQUA yang tersebar diseluruh Indonesia
dan sekarang menjadi lebih dikenal sebagai AQUA Group, dengan total
jumlah karyawan lebih dari 7,400 orang.

Pemimpin Pasar

Hasil survei dari Zenith International dari Inggris sebuah badan riset internasional
yang telah melakukan survei selama hampir sembilan bulan untuk IBWA,
mengesahkan bahwa merek AMDK AQUA dari Indonesia adalah merek AMDK
terbesar di wilayah Asia – Timur Tengah – Pasifik dengan total penjualan
sebesar 1,040 juta liter ditahun 1998 dan sekitar 1,190 juta liter
ditahun 1999 dan dengan demikian diakui sebgai AMDK nomor dua di dunia
setelah merek EVIAN. Sebuah prestasi besar bagi sebuah perusahaan
negara berkembang yang baru berkiprah selama 25 tahun di industri
ini dan yang mengalami badai politik dan ekonomi yang berat.

Sumber : Aqua Online

Sejarah Teh Botol Sosro

Tak banyak merek-merek lokal di luar merek-merek rokok yang dapat berkibar dan melegenda. Salah satunya adalah Teh Botol Sosro, yang sekarang telah dikepung oleh dua merek global legendaris : Coca Cola dan Pepsi. Pasar yang digemgam Teh Botol ini sangat menggiurkan, sehingga menarik beberapa raksasa minuman ringan. Tak kurang dari Lipton yang didukung oleh Unilever, Tekita yang masih berkaitan dengan Pepsi, serta Hi-C dan Frestea dari Coca Cola. Lipton berakhir dengan kegagalan, demikian pula Hi-C. Namun Coca Cola yang tidak jera kembali meluncurkan Frestea dengan aroma melati yang lebih kuat, mulai menampakkan hasil. Tampaknya konsumen i\Indonesai memang lebih menyukai teh wangi (Jasmine Tea). Teh Botol Sosro tampaknya harus waspada, dan memulai jurus strategi baru.

Bagaimana membesarkan merek lokal, merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Inilah sebuah kisah bagaiaman jatuh bangunnya keluarga Sosrodjojo dalam membangun merek Teh Botol Sosro. Sebuah pelajaran sejarah yang menarik untuk disimak.

Merek SOSRO yang sudah dikenal di masyarakat, sebenarnya merupakan singkatan dari nama keluarga yaitu Sosrodjojo yang mulai merintis usaha Teh Wangi Melati pada tahun 1940 di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bernama Slawi. Teh wangi (Jasmine Tea) adalah racikan (blending) antara teh hijau dan bunga melati yang diperkenalkan pertama kali itu bermerek Cap Botol. Yang menarik, Sosrodjojo (generasi pertama keluarga Sosrodjojo), telah menerapkan prinsip-prinsip branding. Prinsip utama : nama merek mudah diucapkan dan diingat, juga dari sisi grafisnya mudah dikenali serta diingat. Contohnya teh wangi Cap Botol, yang disingkat menjadi teh botol.Konsep merek macam apa dalam pemikiran Sosrodjojo yang melatari pemilihan merek ini ? Pertama, kata Botol mudah dimengerti oleh semua kalangan dan tidak menimbulkan makna ganda. Bukankah setiap rumah tangga pasti memiliki botol, di kota maupun di desa.Kedua, kata Botol mudah diingat oleh konsumen, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Agar lebih mudah diingat, gambar botol juga dicantumkan pada kemasannya, sekaligus untuk mempermudah konsumen buta huruf. maklum ini suasan tahun 40-an yang masih sedikit yang melek huruf. Ketiga, kata Botol tidak mempunyai konotasi maupun citra negatif.
Penerapan prinsip branding berupa pemilihan nama merek dan visualisasi dalam bentuk grafisnya juga diterapkan pada merek-merek yang lain. Kata-kata yang merakyat seperti Poci, Trompet, Berko dipilih sebagai nama merek. Poci dipilih tentu saja karena asosiasi yang dekat dengan teh seduh. Sementra Berko adalah sebutan masyarakat setempat untuk lampu sepeda. Merek-merek tersebut lestari hingga kini. Tetapi tentu saja yang paling populer adalah Teh Botol Sosro.

Lahirnya Sebuah Inovasi

Dalam upaya menerobos pasar nasional keluarga Sosro masuk pasar Jakarta. Alasannya potensi pasarnya yang besar, sebagai sentra perdagangan yang memudahkan pemasran di daerah lain, serta posisi Jakarta sebagai trend setter bagi masyarakat daerah lain. Menguasai Jakarta akan memudahkan ekspansi ke daerah lain. Teh Cap Botol berhasil menjadi market leader untuk Jakarta dalam arean persaingan yang ketat. Salah satu program promosi untuk mempertahankan pasar adalah program Cicip Rasa.

Langkah pertama adalah pengumpulan massa. Setelah massa berkumpul, Teh Cap Botol mulai diseduh untuk dicicipi oleh pengunjung, serta mereka diberikan sample untuk dibawa pulang. Namun ternyata, para pengunjung tersebut tidak bisa dipertahankan kehadirannya karena untuk menyeduh teh memerlukan waktu sekitar 30 menit. Pada saat contoh teh siap untuk dikonsumsi, hanya sedikit pengunjung yang tersisa untuk mencicipi. Sehingga menyebabkan program tersebut menjadi tidak efektif.Kendala tersebut diatasi dengan cara menyeduh Teh cap Botol di kantor terlebih dahulu sebelum mengumpulkan masa atau menuju tempat-tempat keramaian, baru dipanaskan kembali di lokasi promosi. Teh yang telah diseduh tersebut disimpan di dalam panci atau tempayan. Cara ini cukup efektif dan jumlah pengunjung yang mencicipi menjadi lebih banyak.Walaupun demikian, cara tersebut masih memiliki kendala yang cukup merugikan. Hampir semua jalan yang ada pada waktu itu dalam kondisi yang memprihatinkan, bergelombang dan berlubang. Kondisi ini menyebabkan banyaknya teh yang sudah diseduh dan disimpan dalam panci atau tempayan tumpah selama dalam perjalanan menuju tempat promosi, yang menyebabkan sering terjadi kekurangan contoh untuk dicicipi. Akhirnya ditemukan cara yang cukup sederhana tetapi efektif : air teh yang telah diseduh dimasukkan ke dalam botol-botol yang telah dicuci. Dari program Cicip Rasa yang dilakukan bertahun-tahun inilah, timbul ide untuk membotolkan teh. Apalagi berdasarkan pengalaman tidak semua orang bisa menyeduh teh dengan baik dan benar.


Pada tahun 1969 mulailah keluarga Sosrodjojo menjual teh siap minum dalam kemasan botol. Merek yang digunakan adalah dengan merek Teh Botol Sosro. Merek tersebut dipakai untuk mendompleng merek Teh seduh Cap Botol yang sudah lebih dulu populer dan mengambil bagian dari nama belakang keluarga Sosrodjojo.Untuk kemunculan desain botol pertama, adalah pada tahun 1970 dan desain botol tidak berubah, lebih dari 2 tahun.Untuk desain botol kedua yaitu pada tahun 1972 juga bertahan sampai dengan 2 tahun.Dan pada tahun 1974, dengan didirikan PT. Sinar Sosro di kawasan Ujung Menteng (waktu itu masuk wilayah Bekasi, tetapi sekarang masuk wilayah Jakarta), maka desain botol Teh Botol Sosro berubah dan bertahan sampai sekarang. Pabrik tersebut, merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan pertama di Dunia.

Untuk lebih memudahkan penjualannya, maka Teh Botol Sosro lebih sering disebut Teh Botol.Pada awalnya, pembotolah teh dilakukan secara manual. Pengisian teh yang sudah diseduh menggunakan gayung, serta botol yang dipakai adalah botol yang sangat sederhana, dengan grafis merek yang sangat sederhana. Pricing-nya tergolong unik, harga ditentukan dengan prinsip tidak melebihi harga parkir, yang saat itu sebesar 25 rupiah.Ketika permintaan pasar telah mencapai 100 krat per hari, cara konvensional sudah tidak memadai. Mereka berprinsip tidak akan menggunakan bahan pengawet. Dengan segala pertimbangan pada tahun 1974 dibangunlah pabrik pembotolan teh siap minum pertama di Indonesia dan di dunia, dengan nama PT. SINAR SOSRO. Dengan kapasitas mesin pertama yang mencapai 6.000 botol per jam, maka diperlukan upaya pemasaran yang lebih intensif.

Teh Botol merintis penjualan di pinggir jalan. Pada awalnya dicoba di jalan Kemayoran. Setiap penjual dibekali dengan cooler box. Hasil keuntungan yang melebihi upah minimum saat itu, maka minat para pedagang meningkat. Profit margin yang diberikan kepada pedagang cukup menarik, Harga dari perusahaan Rp. 25 dan sampai di tangan konsumen konsumen Rp. 50. Ternyata strategi ini berhasil, dan diiringi pembukaan warehouse di luar kota Jakarta.Untuk memperkuat ekuitas merek Teh Botol, dimulailah program komunikasi secara nasional dengan beriklan di media masa, terutama televisi. Pada mulanya, penyebutan merek dalam komunikasi menggunakan Teh Botol.

Merek Generik

Awal dasawarsa 1980, mulai banyak pesaing yang mencoba memasuki pasar teh siap minum ini. Jumlah produsen yang ada saat itu lebih dari sepuluh dan semua menyebut produk-produk mereka dengan cara yang sama, Teh Botol. Hal ini mengakibatkan merek Teh Botol menjadi generik. Untuk membedakan Teh Botol Sosro dari teh botol-teh botol yang lain, maka cara berkomunikasi pun dirubah dengan merubah cara menyebut Teh Botol dengan Teh Sosro. Langkah ini ternyata cukup berhasil untuk membedakan dari produk-produk teh botol lainnya.

Inilah sebuah pelajaran bagaimana sebuah merek lokal dibangun dan dipertahankan. Tapi perjalanan untuk mempertahankan merek di tengah persaingan global merupakan tantangan tersendiri. Beberapa inovasi telah dilakukan Sosro, dari teh kotak (ini juga merupakan merek yang telah menjadi generik), Fruit Tea, dan sederet inovasi berupa resep-resep olahan dari teh. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagiamana mempertahankan Teh Botol yang telah menjadi ikon mereka. Keberhasilan mereka menembus KFC yang dekat dengan Pepsi merupakan prestasi tersendiri. Tetapi perjalanan masih panjang dan berliku, dalam tantangan merek-merek global.

Sumber :
- www.sosro.com
- Majalah eksekutif

Arti Nomor Lokomotif Diesel

Buat penggila kereta maupun temen temen yang sering naek kereta api, sering kita melihat gerbong kereta yang kita naiki di tarik oleh lokomotif yang bentuknya kadang berbeda beda , atau ketika melihat lokomotif langsir di stasiun, sering kita membedakannya kadang hanya dari warnanya namun sebenarnya lokomotif itu juga memiliki nomor KTP seperti halnya kita warga negara indonesia, yaitu nomor lokomotif seperti BB 30101, CC 20340, D 30128 , nah penomoran lokomotif terutama lokomotif diesel di indonesia adalah sebagai berikut :
  • kode B artinya 2 roda penggerak ,C = 3 , dan D = 4. jadi kode BB artinya lokomotif bergandar 2 2 jadi total penggeraknya ada 4 as roda atau memiliki 8 roda .
  • kode CC artinya lokomotif bergandar 3 3 jadi total penggeraknya ada 6 as roda atau memiliki 12 roda .
  • kode D artinya lokomotif bergandar 4 loko jenis ini biasanya hanya memiliki single gandar sehingga total penggeraknya ada 4 as roda dengan jumlah roda 8










Kemudian setelah kode seri ada Kodefikasi 1,2,dan 3
  • nomor 1 artinya transmisi Diesel mekanik (tahan banjir, karena transmisi spt mobil, lori dll.)
  • nomor 2 artinya transmisi Diesel elektrik (no flad, takut banjir)
  • nomor 3 artinya transmisi Diesel hidrolik (tahan banjir)
artinya Diesel elektrik adalah Diesel hanya sebagai pembangkit listrik, kemudian listriknya buat menjalankan motor listrik alias traksi motor karena traksi motor letaknya di bawah menyatu dengan rangkaian as roda maka kalau kena air jelas akan konslet atau rusak , kalau Diesel Hidrolik artinya penggeraknya diesel kemudian diteruskan dengan gardan ke roda2nya,

2 Digit setelah kodefikasi adalah perbedaan fitur fitur yang dimiliki lokomotif biasanya dari kode 00,02,03,04 dst Contoh
  • BB200, BB 201, BB 203, BB 205 ,CC 201, CC 202, CC 203, CC 204 bertransmisi elektrik yg takut air
  • C 300, D 300, D 301, BB 300, BB 301, BB 302, BB 304, BB 305, BB 306 bertransmisi hidrolik yang berani nerjang banjir
Digit digit berikutnya menandakan nomor inventaris sesuai serinya.
Galery :





D 30128



BB 30003









BB 30330



BB 20205








BB 20029



CC 20411








CC 20340



CC 20216








CC 20198



CC 20015

Selasa, 25 September 2007

Database Fundamental

Tulisan ini bukan bermaksud menyaingi buku Sapi karangan Ragun Ramakhisna, namun hanya membantu membuka pikiran anda apabila anda akan mempelajari segala sesuatu tentang basis data , kesalahan yang paling fatal dalam belajar adalah kita tidak tau tujuan apa yang akan di capai dan untuk apa suatu hal itu kita pelajari.
Database arti gampangnya adalah basis data atau tempat menyimpan data, dalam dunia nyata data/informasi paling banyak biasanya disimpan dalam media kertas, namun di era komputer seperti skr data/informasi disimpan dalam format digital di dalam Harddisk.
dalam Harddisk sendiri data disimpan di dalam suatu file dengan format atau susunan tertentu. inilah sistem database yang paling sederhana yaitu dengan menyimpannya di dalam file dengan susunan data tertentu dengan setiap tabel direpresentasikan dengan 1 file yang didalamnya disimpan baris baris data dengan delimiter tertentu contoh :
File A (Merepresentasikan Tabel A) berisi
nama;alamat;tgl_lahir
Bajuri;Jakarta;12-10-1990
Josua;Surabaya;24-07-1993
Reinaldy;Semarang;05-11-1993
dst...............
Setiap blok data di batasi oleh ";"
demikian seterusnya dengan data atau tabel lainnya.
data-data ini biasanya di hasilkan atau di akses oleh aplikasi yang menggunakan atau yang membutuhkan data data tersebut, sebagai suatu aplikasi biasanya dia akan memiliki metode atau cara untuk menyimpan dan membaca data dari database , cara yang paling mudah untuk menyimpan data adalah dengan menuliskan data yang akan disimpan dalam format file seperti diatas sedangkan cara yang paling mudah untuk membaca data adalah dengan membaca file data tersebut kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dalam aplikasi . permasalah yang muncul
* . Saat aplikasi akan mengakses data :

  • Dibutukkan interface untuk komunikasi antara aplikasi dan database.

* . Saat aplikasi akan menulis data ke database file :

  • Duplikasi data , aplikasi harus bisa mengecek apakah data yang sama telah disimpan apa belum

* . Saat aplikasi akan membaca data :

  • sorting data dan filter kriteria, cara termudah adalah meload data ke dalam memory kemudian mensortingnya menggunakan argoritma sorting seperti buble sort atau yang lain kemudian sebelum di tampilkan di cari terlebih dahulu data yang sesuai dengan kriteria menggunakan algoritma searching.

* . Saat aplikasi akan merubah data :

  • Searching kriteria data yang akan diubah , dan konsekunsi perubahan itu dengan data lainnya / tabel lain

Solusi :

  1. Database harus memiliki suatu system yang bisa memanage data yang ada di dalamanya, oleh karenanya Database memiliki system koneksi untuk autentifikasi dengan menggunakan username dan password bagi siapa saja yang akan mengaksesnya, autentifikasi ini untuk mengatur segala sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh username tersebut .
  2. untuk menghindari duplikasi data maka muncul konsep Primary key ( ID yang membedakan antara baris data yang satu dengan yang lain ).
  3. dibutuhkan bahasa standar untuk menulis,membaca,dan memanipulasi data ( Bahasa SQL 92 Standar / Query ) kalau pingin tau banyak dengan bahasa ini silahkan baca buku sapi karangan mas Ragun R .
  4. untuk mempercepat algoritma pencarian digunakan pengindekan data (index) .
  5. untuk memudahkan updating data dikenal konsep Database relational yang memunculkan konsep Foreign Key (membuat hubungan antara tabel yang satu dengan tabel yang lain serta konsekunsi yang terjadi apabila terjadi perubahan data pada masing masing tabel) . system Database Relational saat ini paling berkembang dan menjadi standar pengembangan Database Management System ( pingin tau banyak tentang DBMS dan bahasanya silahkan baca buku sapi karangan mas Ragun R ).
Permasalahan Tingkat Lanjut :
Tipe data : system database harus mempu menyimpan tidak hanya jenis data text tapi juga tipe data lainnya seperti file , gambar, Calender, Money dll.
Security : disamping memiliki system autentifikasi system database juga harus memiliki system enkripsi data dalam format file datanya seperti format data MyISAM, Innodb dll, agar orang lain tidak bisa membaca file data yang diperoleh lewat akses fisik file .
Backup / Recovery : system database harus memiliki metode backup data yang efektif dan efisien dan juga system recovery apabila terjadi crash pada system database.
Loadbalancing : Mekanisme yang harus dimiliki oleh system database untuk membagi beban akibat akses dari user atau aplikasi, hal ini bisa dilakukan dengan metode replikasi database.

semoga membantu membuka pikiran kita semua.

Sumber : Dari Mata air Gunung Arjuno Pandaan Jawa Timur